Denah Rumah, Konsep Desain & Draft Desain 3 D Rumah Bapak Adnan, Jogja (email pengajuan)


By on 19:44

Assaamu'alaykum Warohmatullah wa Barokatuhu

Bismillah,...

Berawal dari keinginan Bapak Adnan :

  • Ingin memiliki rumah sendiri yg sederhana,tapi bentuknya lain dari yg lain. Rumah yg bisa dinikmati oleh tetangga sekitar dari wajahnya,ataupun tamannya. 
  • Pagar hanya sebagai batas tanah,bukan bentuk egoisme kepemilikan. Taman sebagai sarana rekreasi & tempat menanam sayur konsumtif keluarga. 
  • Dan lain-lain hal yang semuanya ada di Formulir Data yang telah Bapak isi dan kirimkan kepada kami.
Maka, kami mencoba menyajikan suatu desain rumah yang akan kami jelaskan secara detail di bawah ini .

Organisasi Ruang

Organisasi ruang berdasarkan zona-zona ruangan agar memudahkan aktivitas di dalam dan di luar rumah yang terbagi atas jenis-jenis kegiatan.

Ruang-ruang kami bagi dalam beberapa zona :

  • Zona Publik yaitu zona dimana ruang-ruang tersebut mudah di akses baik oleh penghuni rumah maupun oleh umum seperti tetangga dan saudara-saudara. Ruang-ruang ini kami letakkan di bagian depan (Timur), seperti Ruang Teras Tamu, Ruang Tamu, Ruang Tidur Tamu.
  • Zona Semi Publik yaitu zona dimana ruang-ruang tersebut mudah di akses baik oleh penghuni rumah dan saudara-saudara dalam acara keluarga dan arisan. Ruang-ruang ini kami letakkan diantara ruang yang sifatnya "private" dan ruang-ruang publik tadi. Ruang-ruang ini seperti ; Ruang Keluarga, Ruang Teras Keluarga.
  • Zona Servis yaitu zona dimana ruang-runag tersebut diperuntukkan aktivitas pelayanan rumah seperti Garasi, Dapur, Ruang Tidur Pembantu, KMWC Pembantu 9ruang ini tetap kami usulkan demi kelancaran pelayanan dan privacy rumah), Ruang Cuci, dan Ruang Jemur yang diletakkan seluruhnya pada daerah sisi Selatan.

Bentuk Denah dan Massa Bangunan

Denah rumah, awalnya seperti apa yang terlihat hanya saja dinding-dindingnya lurus-lurus saja dari utara-selatan dan timur-barat. Kemudian untuk ruang-ruang pada sisi Utara di putar 15 derajat seperti apa yang terlihat sekarang. Lho kenapa ? Baik kami akan jelaskan satu persatu :

  • Putaran tersebut adalah hasil dari respon terhadap arah barat, yaitu arah datangnya sinar matahari barat yang panas. Agar dinding rumah tidak frontal menghadap barat. Kami tambahkan di sini cara antisipasi terhadap sinar matahari barat "mumpung" sedang terkena bahasan ini; disamping itu, untuk merespon sinar matahari barat desain rumah juga mengaplikasikan kisi-kisi besi holow pada jendelanya agar sinar matahari panasnya agak teredam ketika masuk ke ruangan.
  • Untuk memberikan ruang keluarga yang makin luas, karena perkiraan kami bila acara keluarga atau arisan, tamu akan makin banyak.
  • Putaran itu juga akan memberikan bentuk yang dinamis pada komposisi massa bangunan rumah.
  • Merupakan respon terhadap view (pandangan) yang bagus ke arah Barat dan Barat Laut. yang dapat dinikmati dari Ruang Tidur Utama, Ruang Tangga ketika berjalan melewati tangga, Taman Atap (di lantai atap).
  • Dari sisi Facade (Wajah) Rumah ke arah depan, merupakan respon terhadap jalan yang sebagian besar masyarakat mengakses jalan tersebut melalui arah Selatan.

Adapun secara konsep Massa Bangunan, adalah mendominasikan bangunan tingkat di bagian belakang agar sosok bangunan rumah tidak terkesan "angkuh" terhadap lingkungan bagian depan.
Bentuk Massa bangunan juga mengikuti usul Bapak Adnan yaitu bentuk yang "unik" yang kami terjemahkan dalam bentuk hasil perpaduan arsitektur tropis Indonesia (tradisional) dan Arsitektur modern Dekonstruksi.

Arsitektur tropis dengan adanya teritisan2 yang lebar dan atap2 genteng serta adanya teras-teras yang lebar.Disamping itu juga adanya tanaman2 merambat pada kisi-kisi yang akan juga menyaring radiasi panas yang di pancarkan sinar matahari Barat.

Sedangkan Arsitektur modern dekonstruksi dengan adanya detail-detail miring pada balkon teras depan maupun pada balkon belakang dan kisi-kisinya.Detail miring ini juga terlihat pada bentuk ruang tangga dari luar. Puncak gaya arsitektur modern dekonstruksi pada bangunan rumah ini adalah detail kisi-kisi dan pagar balkon depan yang "melintir".

Secara keseluruhan bentuk bangunan rumah menempel pada sisi selatan, sesuai permintaan bapak Adnan, sedang pada sisi lain merupakan suatu bentuk2 dan detail2 arsitektur yang dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar sesuai permintaan bapak juga.


Perlu kami jelaskan beberapa bentuk denah ruangan yang perlu di jelaskan di sini :
  • Garasi ; kami gabungkan 2 mobil dan sepeda motor dan sepeda untuk penghematan lahan dan penggabungan kegiatan sejenis.
  • Teras depan ; cukup lebar untuk memberi kesan "menerima" pada masyarakat lawan dari kesan "angkuh".
  • Ruang Tidur Tamu ; mempunyai kamar Mandi dan teras depan sendiri agar tidak menggangu privacy keluarga dan dapat diakses dan mengakses dari atau keluar langsung.
  • Kamar Mandi ; kami desain dengan menggunakan shower saja bukan bak mandi untuk menghemat ruang dan air.
  • Ruang Keluarga mempunyai akses ke teras samping untuk menimbulkan suasana menyatu dengan alam (luar).
  • Ruang Tidur Utama ; mempunyai view ke arah kebun belakang akan selalu menimbulkan suasana segar, kamar mandi ruang tidur utama berada di bawah tangga sesuai keinginan bapak Adnan.
  • Ruang Makan ; mempunyai akses dan view ke teras belakang yang luas. Teras begitu nyaman jika duduk2 di sana sambil menikmati kebun belakang.
  • Dapur Basah dan Pantry kami dekatkan agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan-kegiatan di dalamnya dan langsung bisa mengakses Ruang makan.
  • Ruang-ruang servis seperti Ruang Tidur Pembantu, Ruang Cuci dan Kamar mandi Pembantu ; terletak segaris dengan dapur dan garasi demi mengelompokkan karena kegiatan2 sejenis. Kelompok ruang2 ini di pisahkan dengan dinding loster (dinding yang berlubang2) dengan Taman Kebun belakang untuk "pemisahan lunak" kegiatan-kegiatannya. Dinding ini terlihat miring ketika berada di ruang Jemur untuk mendapatkan ruang jemur yang lebih luas dan menyesuaikan bentuk dengan bentuk miring bangunan rumah. Sehingga terjadi kesatuan (unity) bentuk yang indah.
Lanjut kita ke lantai atas....
  • Ruang Tidur anak ada 3 ruang yang menyebar, disatukan secara organisasi ruang terpusat di ruang keluarga atas.
  • Ruang keluarga atas terdapat Void (lubang) sebagai media komunikasi atas -bawah dan dapat meneruskan pandangan dari arah ruang keluarga atas tersebut ke arah taman kebun belakang di bawah.
  • Balkon-balkon di adakan di depan dan belakang yang merupakan area view yang cukup bagus, hanya saja untuk balkon yang bisa dilakukan duduk2 adalah di bagian depan, karena bagian belakang ada Taman atap di lantai atap.

Adapun di lantai atap,...
  • Taman Atap dan Kamar Mandi sesuai dengan keinginan Bapak Adnan untuk dapat menikmati view ke arah depan dan Barat Laut.

Perlu kami jelaskan pula kekurangan-kekurangan yang juga sebagai bentuk permohonan maaf kami juga :
  • Gambar 3 D kami tidak lengkapi, karena itu hanya sebagai gambaran thd bapak kira-kira bentuk rumahnya. Dan cukup lama jika kami lengkapi, hal itu bisa kita lakukan jika bapak Adnan memang benar-benar akan melanjutkan kerja sama ini ke tingkat yang lebih serius sampai ke gambar detail-detailnya.
  • Luas keseluruhan bangunan dari landtai dasar sampai lantai atap adalah : 269.964 m2 hampir mencapai 270m2. Mohon maaf melebihi dari yang bapak targetkan yaitu 250 m2. Sebenarnya luas itu bisa hanya mencapai 253 m2 jika di kurangi luas kamar mandi dan ruang tangga di lantai atap.
  • Pembangunan yang bertahap sesuai keinginan Bapak Adnan, ini juga merupakan tugas "berat" tambahan bagi kami kalau memang bapak menginginkan demikian. Karena kami harus membuat gambar desain untuk tahap pertama dan desain tahap keseluruhan. Kami sudah perhitungkan untuk gambar pada tahap pertama secara desain dan konstruksinya . Tinggal di proyeksikan dalam bentuk gambar 3 D dan gambar kerjanya.
  • Untuk detail-detail elemen desain rumah, perlu diketahui ini juga akan kami desain dalam tahap kerjasama berikutnya seperti railing tangga, railing balkon, kisi-kisi penyaring sinar matahari di depan ruang tangga, railing void, loster pemisah antara ruang2 servis dan kebun, pintu dan jendela dan ventilasinya, detail kamar mandi , dsbnya.

Demikianlah adanya yang kami bantu sebatas kemampuan kami. Semoga Bapak Adnan berkenan. Mohon di koreksi jika tidak sesuai keinginan bapak.

Kami tunggu kabar baik dari bapak...

Terima Kasih

Rachmadi Triatmojo


sketsarumah.com

Desain Rumah Minimalis